Live Musik Melayu Lawas

clock counter

Sabtu, Desember 12, 2009

MENJAGA DALAM MENGELUARKAN UCAPAN DAN KATA KATA YANG TIDAK BAIK

Berusaha Menahan mengeluarkan Ucapan dan Kata-kata yang Kurang Baik, Tidak Senonoh dan Dusta.


  • Ada lagi pemberian Tuhan kepada kita, namun tak sedikit dari kita yang tidak memperdulikannya sebagai mana mestinya, yaitu kemampuan kita sebagai manusia mengeluarkan suara ucapan. Mulut kita selain bertugas untuk makan namun bisa pula untuk mengeluarkan kata-kata dalam menyampaikan maksud yang tersirat didalam hati. 
  • Dengan kemampuan berkata-kata kita dapat saling berkomunikasi satu sama lainnya, namun demikian dari ucapan yang berbentuk kata-kata atau perkataan tersebut terkadang dapat membawa kebaikan dan terkadang dapat membawa keburukan, baik untuk diri kita sendiri maupun untuk diri orang lain.
  • Dari pada apa yang kita ucapkan dalam berkata-kata, orang lain dapat mengukur sampai kemana sifat, temperament, watak, ilmu  dan  kepribadian yang kita miliki.
Pandangan Sekilas Secara Umum
  • Disini penulis mengulas lebih difokuskan kepada soal ucapan dan perkataan, artinya bukan dalam soal berbicara /pembicara yang serius sebagai komunikasi dua arah. Jadi kata-kata yang diucapkan lebih banyak bersifat sepihak dari kita dan sambil lalu. Namun demikian tidak mutlak pula lepas  dari berkomunikasi. 
  • Salah satu penyebab kegagalan dalam berkomunikasi, mencapai suatu cita-cita, usaha, tujuan dan memburuknya hubungan pergaulan di dalam masyarakat, tidak sedikit disebabkan karena terseleonya lidah kita dalam mengeluarkan kata-kata yang pernah diucapkan, apakah disengaja maupun tidak.
  • " Mulutmu adalah Harimaumu yang sewaktu-waktu bisa merekah kepalamu " pepatah orang dulu, dan " sebelum meloncat lihatlah kemuka " serta " Karena pulut santan binasa, karena mulut badan binasa ".Nasehat-nasehat orang tua - tua dulu memang banyak benarnya, karena setiap perkataan kita yang tidak beraturan, asal bunyi, serampangan, tidak memikirkan perasaan orang lain, banyak mendatangkan kemudaratan kepada diri kita. Orang akan menilai diri kita sebagai orang yang tidak tahu di adat, tidak berpendidikan, tidak mempunyai sopan satun dsb-nya. kalau sudah demikian sulit bagi kita untuk mendapatkan simpati dan kepercayaan orang lain.
  • Jadi sebaiknya kita tetap menjaga lidah kita dari pada mengeluarkasn setiap ucapan-ucapan yang bisa mendatangkan keburukan-keburukan terhadap diri kita sendiri dan juga untuk orang lain : seperti kata-kata menghujat, memintnah, mengada-ada, bohong, memaki-maki, sumpah serapah, mengadu domba, menghasut, mengolok-olok, menista dan kata kata kotor yang tidak senonoh.
  • Semestinya kita menghidari terlalu banyak berseloro, senda gurauberolok-olok, atau suka berteriak -teriak karena biasanya ini akan menjadi suatu kebiasaan yang tak menguntungkan bagi kita, sehingga bila pada suatu waktu kita ingin berbicara serius sulit untuk melakukannya.
  • Kalau bisa marilah kita berusaha selalu mengeluarkan kata-kata yang baik, bak mutiara yang indah berhamburan dari mulut kita, yang sanggup sebagai penyejuk hati yang gundah, menenangkan perasaan yang resah dan dapat menambahkan ilmu kepada seseorang.
Pandangan sekilas secara Agama.
  •  Di dalam Islam, kemaksiatan-kemaksiatan dhahir yang terbanyak adalah terdapat pada kemaksiatan Lisan ( lidah dalam mengeluarkan perkataan ) dibandingkan dengan yang lainnya.Penyelamatannya adalah dengan jalan suka berkata-kata dengan yang baik-baik belaka. Sekiranya tidak dapat, maka hendaklah berdiam saja.
  •  Sehubungan dengan itu Rasulullah S.A.W. bersabda : " Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, maka hendaklah ia berkata yang baik, atau ( kalau tidak dapat berkata yang baik ) hendaklah berdiam diri saja. "  
  • Dan Sabda Rasullah S.A.W. yang lainnya " Tidak akan dapat lurus keimanan seseoranghamba, kecuali  luruslah dahulu hatinya, dan tidak dapat lurus hati seseorang, kecuali bila luruslah dahulu lisannya ".  
  • Nah hanya sampai disini saja penulis bisa mengoceh, semoga kita tetap bisa menjaga lidah kita dari pada mengeluarkan kata-kata yang tidak baik, disamping mendapat keburukan di dunia juga tidak lepas pula dari keburukan hidup  di akhirat kelak. Karena kita semuanya akan kesana.

 ================000OOO000=================


    DOWNLOAD VIDEO :

    DOWNLOAD MP3 :
    DAFTAR BACAAN :

    oooooooooooooooooooo000ooooooooooooooooooooo


    Internet Gratis Jadi Duit




        Powered by Syaifulalawi.



    Reblog this post [with Zemanta]

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Bila ada saran dan komentar anda, silahkan tulis disini.